Sunday, June 18, 2017

Resep kerak telor betawi special gurih manyos

Resep kerak telor betawi special gurih manyos – Kerak telor adalah makanan khas Jakarta (Betawi) yang terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam, kampung telur ayam negri juga bisa terasi dan bawang merah goreng yang nantinya diberi bumbu halus meliputi cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, atau merica bubuk yang bnyak d jual d warung dan suiran kelapa sangrai.

Kerak telor kerap hadir pada acara bertemakan Betawi, pestival jajan khasindo didampingi dengan asinan betawi membuat kehadirannya seakan melengkapi jajaran makanan khas suku Betawi. Ada yang unik dari cara pembuatan kerak telor, biasanya dilakukan oleh penjual keliling dengan dua tempat yang dipikul, yakni membalikkan wajan cekung saat kerak telor dalam keadaan setengah matang.

Resep kerak telor betawi special gurih manyos

Meski kerak telor adalah jajanan khas Betawi, bukan berarti peminatnya hanya orang-orang asli Jakarta. Di sekitaran Pulau Jawa, sumatra dan madura hampir penduduknya menyukai kerak telor karena rasanya sangat enak beda dari jajanan yang lain dilidah, penikmatnya menjadi idam-idaman ketika timbul keinginan jajan kuliner betawi atau di pestival jajanan khas indonesia.

Namun, karena banyaknya kreasi masakan di dunia kuliner nusantara / masyarakat kerak telor sudah jarang dilihat dan bahkan hampir terlupakan. Oleh karena itu, bila sewaktu-waktu Anda ingin makan kerak telor, di rumah bisa mengikuti resep kerak telor betawi berikut ini.

Bahan :

  • 100 gram beras ketan putih
  • 250 ml air
  • 100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur
  • 15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan
  • 5 butir telur bebek
  • 30 gram bawang merah, goreng kering
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  • Bawang merah goreng khusus untuk taburan

Bumbu yang dihaluskan :
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 3 cm kencur
  • 1 cm jahe
Cara membuat kerak telor betawi :
  1. Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.
  4. Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.
  5. Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.
  6. Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.
Sederhana kan resep kerak telor ciri khas Betawi ini. Jika Anda punya ide untuk berbisnis kuliner, tidak ada salahnya mencoba memilih kerak telor sebagai pilihan makanan, pasti banyak yang mencarinya mengetahui sekarang sangat langka sekali ditemukan penjual kerak telor di jakarta.

referensi : http://resepmembuat.com/resep-kerak-telor-betawi-spesial-enak/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep kerak telor betawi special gurih manyos

0 komentar:

Post a Comment