Tuesday, April 12, 2016

Resep Membuat Steak Ikan Kakap Dengan Sambel Woku pedo elom khas sumatra utara

Tidak sengaja mampir k pasar ikan pas sudah nyampe d lokasi secara tiba-tiba ngidam pengen makan sama steak ikan kakap dengan sambel woku, admin beli ikan kakap merah satu ekor ukuran sedang buat bikin steak ikan kakap plus sambel woku. Ada banyak masakan inernasioal d indonesia seperti masakan ropa ada beberapa macam namanya ada avocado sandwich, ayam isi(To Lto Tt Esirke) ayam saus apel berry, ayam saus bawang, oh iyah hampir lupa masakan steak juga ada bergai macam jenisnya diantaranya steak buntut sapi panggang, steak kambing, chiken steak, steak daging sirlon dengan saus barbeqiu, steak tanderlion, steak tempe juga ada loh, dan steak yang lain-lain.


Kalo makan steak ga lengkap rasanyeh kalo kaga ada sausnye, untuk bikin saus steak ada banyak sekali bahan-bahannye seperti bikin saus steak masroom bahan utamanye margarine 1sendok makan bawang bombay1/2 buah ajah bawang putih cukup 2 siung ajah saus tiramnye 3 sendok makan ajah dah tipung maizena 1 sendok teh jangan banyak-banyak kaldu ayam 150 mili liter jamur kancing sebanyak 100 gram yang sudah d cuci brsih lalu potong tipis-tipis dan bahan trahir garam,merica sama penyedap rasa secukupnya ajah. Kalo bikin saus black peper bahan-bahannye bawang putih 10 siung lalu kupas dan cincang sampe halus bawang merah sama 10 siung juga sayur wortelnye 6 biji ajah d potong bentuk dadu bawang bombay 5 biji d cincang-cincang halus juga tomato paste sebanyak 5 kaleng air putih sebanyak 5 liter tulang kipas sapinye sebanyak 2 kilo gram lada hitam bubuk 2 sendok makan dan daging tetelan cukup 1kilo gram. Ada juga saus steak chinese(saus keju) cara bikinnye simple ga susah sekali baca juga pasti hafal bahan-bahannye untuk membikin saus chinese sediakan susu putih sebanyak 15 mili liter k dalam panci ukuran kecil sesudah itu tambhakan potongan keju slice lalu nyalakan api kecil jngn gede-gede taruh d atas api kecil panci yang sudahada bahan-bahan buat bikin saus chinese tunggu sampe keju itu meleleh kalo udah meleleh matikan apinye lalu tuang k dalam mangkuk kecil jadilah saus chinese gampang bkn cara pembuatannye. Sebernye masih banyak sekali saus yang lezat buat pendamping steak yang belum d coba tapi admin pribadi hanya saus itu ajah yang pernah d coba membuatnye.

Dalam kesempatan kali ini admin mau masak ikan kakap yang tadi admin beli d pasar menjadi steak ikan kakap dengan saus woku kayanye enak biar ga penasaran lansung ajah kita bikin.
Steak Ikan Kakap Dengan Sambel Woku
Steak Ikan Kakap Dengan Sambel Woku

Bahan-bahan steak ikan kakap saus woku:
  • Siapkan minyak zaitun
  • Ikan kakap merah yang sudah d pilet terlebih dlu 300 gram
  • Sediakan 1 buah lemon d potong dulu lalu peras
  • Garam secukupnya ajah
  • Lada bubuk sama secukuonya ajah
  • Wortelnye d rebus dulu sesudah itu potong-potong kotak 500 gram ajah
  • Kentang rebus 100 gram
  • Kapri rebus 30 gram
Bahan-bahan sambal woku:
  1. Tomat potong kotak 1 buah ajah
  2. Daun pandan, iris-iris tipis 1 lembar
  3. Serai, ambi; bagian putihnya ajah iris-iris sampe halus 1 baang
  4. Daun jeruk, iris-iris tipis 4 lembar
  5. Daun kemangi, ambil daunnya ajah 4 tangkai cukup banyak
  6. Daun bawang prey poong-potong 4batang
  7. Daun kunyit 1lembar
  8. Minyak goreng 3 sendok makan
Bumbu sambal yang d haluskan:
  1. Bawang merah 5 siung d haluskan
  2. Cabe merah 10 buah d haluskan
  3. Cabe rawit 10 buah soalnye admin suka pedas tapi kalo yang ga suka pedas boleh d kurangin ga pake juga ga jadi masalah
  4. Jahe 1 ruas d haluskan
  5. Kunyit 1 ruas d haluskan
  6. Kemiri 3 buah d haluskan
Cara memasak steak ikan kakap sambal woku:
  • Bumbui ikan kakap dengan minyak zaitun, 1/2 buah air lemon,garam danlada putih. Diamkan lamanye 20 menit supaya bumbunye meresap.
  • Untuk membuat sambal woku, panaskan minyak goreng masukan daun pandan dan serai setelah wangi masukan bumbu halusnye tumis sampai mateng. Tambahkan 1/2 buah air lemon dan tomat masukan daun kemangi, dan daun bawang mentah.
  • Panaskan gridlle atau pemanggang beri sedikit minyak goreng lalu masukan ikan kakap yang sudah d bumbui masak kurang lebih 5-6 menit sampai permukaa ikan kakapnye bewarna kecoklatan (pan grill). Untuk kentang yang sudah d rebus buang ajah kulitnye beri bumbu garam dan lada lalu haluskan (mashed potato)
  • Untukk sayuran yang sudah d rebus seperti wortel dan kapri d tumis sebentar ajah dengan menggunakan margarine.
  • Ambil piring saji lalu tata sambal woku, mashe potato atau kentang rebus, sayuran dan steak ikan kakapnye sajikan selagi masih panas.
Allamdulilah iyah sesuatu hehe.. ikan kakap merah yang admin bikin sudah d olah menjadi steak ikan kakap dengan sambal woku. Admin pasti bertanya dalam hati sambal woku itu khas mana sih ?? jawabannye adalah sambal woku itu salah satu sambal ciri khas dari sulawesi utara. Admin yang jauh d sanah bisa coba sendiri bikin steak ikan apah ajah bebas tapi sambalnye pake sambal woku yang ciri khas dari sumatra utara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Steak Ikan Kakap Dengan Sambel Woku pedo elom khas sumatra utara

0 komentar:

Post a Comment