Sunday, May 1, 2016

Cara Membuat Getuk Enak Dan Manis Tradisional

Getuk merupakan cemilan dari bahan utama singkong campur sama gula merah dan parutan kelapa muda getuk di kategorikan cemilan khas jawa barat atau orang sunda anda juga sudah tau kalo getuk tersebut punya ciri khas dari segi rasa manis yang di timbulkan dari gula merah yang asli sangat pas sekali ga berlebihan salain getuk rasanya manis getuk juga ada rasa gurih dari taburan parutan kelapa getuk juga sangat di gemari masyarakat khusunya masyarakat jawa barat untuk segi pembuatan getuk tersebut tidaklah sulit sama kaya cara pembuatan prakedel kentang dan deblo.

Menurut sepengetahuan yang nulis artikel ini getuk salah satu warisan kuliner turun temurun yang harus di lestarikan jangan sampai hilang bagikan debu di tiup angin. Cemilan getuk ada dua jenis ada getuk singkong gula merah parutan kelapa dan ada getuk lindri adonanya di cetak pake cetakan lindri perbedaan getuk biasa sama getuk lindri hanya dari pencetakan sama warna cemilan getuknya kalo getuk lindri banyak macam warnanya jadi tamilan getuk tidak membosankan tidak seperti getuk gula merah yang pake parutan kelapa warnanya merah dari campuran gula merah asli. Sekarng mh sudah jarang sekali masyarakat yang bikin cemilan getuk manis padahal getuk ini cemilan yang sudah berumur tua sayangkan kalo tidak di lestarikan pembuatan getuk tersebut. Cemilan getuk tersebut biasanya anda jumpai kalo mampir k pasar pasar tradisional khusunya jawa barat dan sekitar jawa barat padahal rasa cemilan getuk gula merah sangat nempel dilidah susah buat berhenti kalo sudah coba sekali memakan getuk yang sederhana namun mempunyai rasa yang manis enak gurih tercampur menjadi satu harusnya cemilan atau makanan tradisional khas sunda di kembangkan lagi seperti jaman jaman dulu waktu sekolah sd banyak sekali makanan tradisional yang di jual belikan pedagang di sekolahan bahan bahan untuk membuat cemilan getuk tidak perlu banyak keluar bahan bahan cuma singkong gula merah sama parutan kelapa bisa juga pake taburan keju parut biar rasanya lebih special dan lebih enak buat di santapnya bahkan di uangkan juga bisa dengan cara menjualkan getuk gula merah yang sangat sederhana. Mau bikin getuk enak dan manis tradisional buat resep yang sekarang yang ingin tau resep getuk enak dan manis tradisional ala resep maskan jempol mari di simak baik baik urain urai cara membuat getuk manis.

Nama Resep
getuk enak dan manis tradisional

Bahan bahan untuk membuat getuk enak dan manis tradisional

Bahan bahan utama membuat geutuk:

Cara Membuat Getuk Enak Dan Manis Tradisional


  • Singkong yang sudah di kupas 1 kilo gram
  • Air putih bersih 125 mili liter
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Gula merah 225 gram di iris iris halus
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Kelapa parut sedang jangan terlalu tua 150 gram
Bahan buat taburan:

  • Kelapa muda yang sudah di parut secukupnya sesuai selera
Cara membuat getuk enak dan manis tradisional:

Cara Membuat Getuk Enak Dan Manis Tradisional
Cara Membuat Getuk Enak Dan Manis Tradisional

  • Rebus gula merah dan gula pasir dengan air mendidih yang sudah di siapkan
  • Tunggu sampai gula larut sambil di aduk aduk rata
  • Lantas angkat gula terus saring supaya tidak kotor
  • Kupas valini bubuk dan garam dapur meja sambil di aduk aduk rata dan sisihkan
  • Potong potong buah singkong sesuai selera masing masing
  • Kukus buah singkong dalam kukusan yang panasa tunggu sampai mateng dan juga empuk buah singkongnya
  • Tambahkan parutan kelapa parut kemudian tuang rebusan gula kedalamnya
  • Uleni menggunakan tangan sampai andonannya lembut dan masukan k dalam wadah nampan kotak sambil diratakan adonannya
  • Lantas itu beres barulah potong potong getuk sesuai selara dan taburin kelapa muda yang sudah di parut di atas getuk maka getuk sudah siap disantap.
Sudah jadi cemilan getuk enak dan manis tradisional rumahan yang sederhana gampang banget cara membuat getuk enak dengan rasa manis dan tradisional. Anda juga bisa mencobanya di rumah selamat mencoba resep baru geugeutuk enak dan manis tradisional sedrhana, baca juga artikel yang ini: Resep Cara Membuat Gohu Mentimun salam masakan jempol.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Getuk Enak Dan Manis Tradisional

0 komentar:

Post a Comment