Friday, April 13, 2018

Resep Masakan Ikan Sepat dan Jengkol Super Pedas

Resep Masakan Ikan Sepat dan Jengkol Super Pedas- Halo bunda, kali ini saya akan menerangkan sedikit tentang ikan sepat, siapa sih yang tidak tahu ikan sepat atau orang dayak sering menyebutnya ikan sasapat. karena jenis ikan sepat ini ada 2 jenis  yaitu kalo orang kita bilang ikan sepat tapi kalo orang dayak itu di sebutnya sasapat, siam dan sasapat biasa. nah kalian pasti penasarankan dengan sepat siam dan sepat biasa? perbedaannya adalah kalau sepat siam memliki jenis yang begitu besar bisa sampai 3 jari kurang lebih, tetapi kalau ikan sepat biasa kecil-kecil paling besar sekitar 2 jari kurang lebih.

Nah, ikan sepat ini biasanya hidup berkelompok di sungai, danau maupun parit-parit kecil. ikan sepat ini merupakan jenis ikan yang alami hidup di air tawar atau rawa-rawa.

Cara untuk meangkap ikan sepat ini dengan menggunakan alat tradisional yang biasa slalu di pakai orang dayak di kalimantan tengah, dan pada zaman dahulu sampe sekarang yaitu menggunakan Buwu, Tampirai, Rangge, Jala dan Sauk.

Karena ikan sepat ini tidak bisa di tangkap dengan pancingan biasa di karenakan mulut ikan sepat sangatlah kecil dan sangat jarang memakan umpan, dan banyak sekali orang yang tidak memiliki tujuan memancing ikan sepat/sasapat karena tidak akan di patuk sama sekali. Karena mungkin saja kawat pancing terlalu besar untuk memancing ikan sepat.

Konon kata orang zaman dulu ya kalau ikan sepat di dapat dengan kita pancing itu adalah rezeki kita, tapi katanya ikan sepat yang di dapat mancing tidak di makan tapi di simpan di tempat beras agar tidak kehabisan beras dan selalu ada terus beras di rumah. itu mungkin bagi yang percaya saja karena ini berhubungan dengan mitos.

Pasti penasaran kan apa yang akan saya buat di resep ini, Yuk, kita mulai saja membuat Resep Masakan Ikan Sepat dan Jengkol Super Pedas. Apa saja bahan yang di butuhkan oleh kita, pembuatan nya sangat simple dan sederhana tidak rumit.

Resep Masakan Ikan Sepat dan Jengkol Super Pedas

Bahan-Bahan Yang Butuhkan:


  • 250 jengkol tua
  • 150 g ikan sepat asin ukuran kecil, rendam dalam air hangat, lalu cuci
  • minyak untuk menggoreng dan menumis

Bumbu Yang Di Haluskan:

  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 1 butir tomat merah
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 tangkai daun bawang, potong-potong
  • 1 sdm kecap manis

Cara Membuat

  1. Pertama iris jengkol, lalu goreng sampai layu (jangan sampai kuning). lalu angkat dan sisihkan jengkol yang sudah di goreng. kemudian goreng sepat asin kecil sampai kering dan matang.
  2. Kedua panaskan 3 sdm minyak goreng, lalu tumis bumbu yang sudah di haluskan tadi sampai halus dan matang. masukkan irisan daun bawang dan kecap manis, kemudian aduk hingga layu
  3. Lalu masukan jengkol dan ikan asin sepat goreng. kecilkan api, lalu aduk-aduk sampai bumbu terserap ke dalam. lalu angkat dan makanan siap di hidangkan.
Itulah dia Resep Masakan Ikan Sepat dan Jengkol Super Pedas, praktis yang bisa kalian coba di rumah. bahan yang mudah di temukan dan pembuatan sangat praktis dan mudah.
Dan jangan lupa ya untuk membagi kan Resep Masakan Ikan Sepat dan Jengkol Super Pedas kepada seluruh indonesia pecinta kuliner, dan jika kalian yang suka sekali dengan rasa pedas bisa kalian tambah lagi cabai rawit supaya pedas. mungkin hanya itu saja yang bisa saya buat, semoga resep ini bisa bermanfaat untuk pecinta kuliner semua. aminn Terimakasih :) Selamat mencoba di rumah :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Masakan Ikan Sepat dan Jengkol Super Pedas

0 komentar:

Post a Comment