Wednesday, April 27, 2016

Resep Membuat Ikan Mas Sambal Cobek Mantap

Resep Membuat Ikan Mas Sambal Cobek Mantap. Waduh kayanya kalo kita ngebahas soal ikan kayanya takan pernah habis cara pengolahannya apalagi yang memasaknya sudah mahir, beuh pastinya menjadikan rasa yang nikmat dan mantep meski diberbagai macam pareasi resep masakan nya tetep saja wow banget gabakalan kalah. Karena menurut saya ikan tuh mempunyai daging yang beragam rasa dan keempukannya atau lembut, dan bisa praktis dimasak seperti apapun juga misalnya dibakar, digoreng iyakan simpel banget, bisa juga dipepes, pokoknya kumplit daaaah.

Seperti yang sering kali dikalangan kita ketika mengadakan acara masak atau ngeliwet bersama teman-teman lama atau keluarga dengan menggunakan bahan lauk pauknya yaitu dengan ikan, ikan apasaja? tentunya salah satu ikan yang mudah didapat dan ditemkan dimana saja apalagi dipasar mudah sekali untuk ditemukan tidak susah-susah untuk mencarinya kemana-mana lagi, bahkan kalau yang punya kolam tinggal memcingnya saja dengan seru dan membuat kehangatan dalam sebuah acara menjadi harmoni. Bukan hanya saja mudah didapat dan ditemukannya namun memiliki rasa yang sedap dilidah kita dengan campuran atau tambahan lauk pauk teman nasi liwet yang lainnya seperti tahu, tempe, lalaban seperti salada daun kemangi, daun singkong, daun pepaya timun dan tidak terlupakan juga sambalnya yang nikma pedas masis ggurih yang membuat mata dan hasrat untuk makan kita bertambah, dan tentunya juga mengandung asupan vitamin yang bagus sekali bagi atau tubuh diri kita.

Namun seperti yang saya ketahui ikan bakar atau ikan goreng kalau tidak dibarengi dengan sambel rasanya tuh gimanaaaaa gitu hehe, ya kurang pas dan kurang kumplit, apalagi kalu dibarengi dengan nasi biasa atau nasi liwet yang masih hangat. Nah kali yang pertam ini saya akan menyihir ikan menjadi masakan yang amazin hahaha yaitu ikan mas sambal cobek mantep. Bagaimana caranya? sangatlah mudah and simpel sekali bagi anda yang kepengen membuatnya atau mengolah masakan ini.

Mudah sekali bagi anda dirumah cukup dengan membaca dan teliti dengan resep masakan yang saya sajikan ini karena tidak menggunakan atau keahlian cara yang khusus dalam memasaknya, seprti yang disebut banyak orang yang jago masak itu disebut koki, tidak..tidak sama sekali karena memasak ikan mas sambal cobek ini bisa dilakukan atau diperaktekkan oleh semua kalangan tidak termasuk dengan anak kecil tentunya yang belum mengenal suasana didalam ruangan dapur.

Resep Membuat Ikan Mas Sambal Cobek Mantap
Resep Membuat Ikan Mas Sambal Cobek Mantap
Bahan-bahannya:
  • 2 ekor ikan mas dengan ukuran yang sedang, dibersihkan dan disisit atau disayat seluruh bagian dari badannya
  • 2 butir jeruk nipis, dibelah kemudian diambil airnya
  • 1 sdm garam 
  • 4 sdm tepung bumbu siap untuk dipakai
  • Minyak untuk menggoreng (secukupnya)
Bahn sambal:
  • 8 buah bawang merah, dibakar, kemudian dikupas
  • 10 buah cabai merah yang besar
  • 6 buah kemiri, disangrai
  • 3 siung bawang putih, dibakar, kemudian dikupas
  • 3 cm jahe, disangrai
  • 2 cm kencur, disangrai
  • 200 ml santan kental dari 1/2 butir buah kelapa, rebus sampai matang
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula merah
  • 1/2 sdt gula pasir
Cara membuatnya:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk dan garam (ikan yang sudah sibersihkan), kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2. Bilas ikan, taburi denga tepung bembu. panaskan minyak, lalu gorengkan ikan dengan api yang sedang ata tidak terlalu besar sampai dengan matang. lalu angkat
  3. Sambal: haluskan semua bahan terkecuali santan, air asam jawa, gula, dan garam
  4. Panaskan santan bersama bumbu yang sudah dihaluskan dengan api yang sedang. Tambahkan air asam jawa, gula pasir, garam, dan gula merah, kemudian adukkan sampai matang dan kental. Siram sambal keatas ikan yang sudah digoreng. sajikan
Ikan Mas Sambal Cobek siap disantap :) seperti itulah ulasan mengenai Resep masak tentang ikan dan bisa anda jadikan menu masakan spesial dirumah anda. selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Ikan Mas Sambal Cobek Mantap

0 komentar:

Post a Comment