Thursday, April 21, 2016

Resep Membuat Kue Jala Ketan Hideng Gula Merah

Kue jala ketan hideng gula merah atau jalabria sebagian masyarakat kita suka sama kue jala ini asal mula kue ini dari jawa barat termasuk kue tradisional alias jadul inget pas jaman kecil kue jala ini begitu populiar sekali pas tahun 2000-2001 selain krasanya enak kue jala ini memilik ciri khas dari taburan gula nya bentk kue jala ini masih sodaraan sama kue donat hehe.. kenpah bisa sodaraan dikarenakan kue jala ini bulat tengah nya sama kaya kue donat tapi kue jala sangat banyak sekali penyajiannya ada yang pake gula merah ada juga yang pake gula tepung yang halus.

Kalo bicara jajanan tradisional salah satunya di jawa barat ada bebrapah jajanan yang bisa buat oleh-oleh pas anda liburan k jawa barat jajanan yang bisa buat oleh-oleh dari jawa barat ada kue wajit cililin kota bandung, gehu gejrot dari kota cirebon, colenak dari kota bandung, moci kaswari dari sukabumi, surabi oncom masih dari kota bandung, tauco dari kota ianjur, ubi cilembu dari kota bogor dan peyeum masih sma dari kota bandung kota parahiangan. Selain oleh-oleh anda juga bisa melihat pemandangan alam yang masih begitu asri banget dan keindahan pantai kalo liburan k jawa barat di jamin pasti puas malahan ingin k situh lagi, jawa barat juga selain punya k indahan alam dan pantai, jawa barat juga mempunyai kebudayaan sunda yng sangat kntal contohnya seprti upacra-upacra adat istiyadat dan tari-tarian daerah jawa barat slah satu tarian jawa barat adalah. Tarian merak pertama kali yang menciptakan tarian merak ini namanya raden tjeptjep sumantri dan tarian wayang pertama dikenalkan pada abad 16 oleh syekh syarif hidayatullah dan disebarkan lagi oleh seorang seniman keliling tang datang k kota sumedang. Suka inget waktu pertama sekolah sd muali diajarkan tarian tradisional lantas pas istirahat suka jajan kue-kue jadul jala ketan, gemblong, combro misro, deblo, gurandil dan lain-lain. Yang nulis artikel ini mau berbagi sedikit resep embuat kue jala ketan hideng gula merah atau nama familiarnya mh kue jalabria biar anda tidak nunggu lama langsung disimak ulasan resep membuat kue jala ketan hideng gula merah.

Resep Membuat Kue Jala Ketan Hideng Gula Merah
Resep Membuat Kue Jala Ketan Hideng Gula Merah
Resep Membuat Kue Jala Ketan Hideng Gula Merah
Bahan-bahan untuk kue jala ketan hideng gula merah:

  1. Sediakan 250 gram tipung ketan hideng(hitam)
  2. Sediakan nuga 150 gram parutan kelapa
  3. Tambahkan 1 sendok teh garam
  4. Air putih 200 mili liter
Bahan-bahan balutan:

  • 300 gram gula merah yang sudah di iris-iris campurkan dengan air putih hangat 50 mili liter dan 1 lembar daun pandan
Cara pembuatan kue jala ketan hideng gula merah:

  • Pertamatama campurkan ketan hideng, kelapa dan garam aduk sampe rata
  • Jangan lupa beri air putih sedikit demi sedikit k dalam adonan tipung ketan sambil diuleni hingga kalis
  • Setelah dirasa adonan kalis jngan lupa diamkan adonannya selama 30 menit
  • Lantas itu mulai cetak adonan bentuk donat bolongin tengahnya kemudian goreng dalam minyak panas sekali sampai mateng
  • Setelah kue jala dingin lantas baluri jala ketan hideng dengan gula merah setelah itu tunggu sampe kering gula yang tadi dibaluri k kue jala ketan hideng taro di dalam wadah nampan bisa juga di rak pendingin.
Itulah semua ulasan resep membuat jala ketan hideng ala masakan jempol selamat mencoba resep yang nulis artikel ini. Hatur nuhun See you again

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Kue Jala Ketan Hideng Gula Merah

1 komentar:

  1. Terimakasih Artikel Resep Membuat Kue Jala Ketan Hideng Gula Merah nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Aneka Resep Kue Kering

    ReplyDelete