Tuesday, April 19, 2016

Resep Membuat Sakoteng Pelangi Hangat

Sakoteng adalh minuman tradisional dari jawa tengah anda juga sudah tau tentunya minuman sakoteng ini trdiri dari bahan-bahan pcarcina, kacang suuk, potongan roti, kacang ijo terus dicampur sama air jahe yang panas. Sakoteng tergolong minuman yng langka skali, kalo engga salah disuatu daerah kota mojang bandung ada warung tempat nongkrong yang jualan sekoteng sangat ramai sekali pengunjung yang ingin nongkrong sambil menikmati minuman sakoteng sambil memandang suasana kota kembang bandung pada malam hari sakoteng juga sangat digemari para pelancong luar daerah jawa yang sedang berlibur di kota kembang para hiangan sekoteng sangat cocok buat cuaca dingin alias musim curah hujan.

Kalo ngeronda juga sangat cocok kalau disediakan sekoteng apalagi kalo sama kuehnya mh sangat cocok pisan lah, sekoteng juga bisa menunda lapar dan sangat bagus buat tubuh bisa mengobati perut yang mules buang angin terus-teruusan pluang usaha untuk membuka bisnis sekoteng sangat lah besar soalnya sudah jarang ada yang membuat sekoteng dan susah sekali nemuin orang yang jualan sekoteng engga seperti dulu sangat banyak yang berjualan sekoteng ada yang mentepa jualan d rumah dan ada juga yang jualan sekoteng berkeliling komplek perumahan dan k kampung-kampung biasanya sekoteng berpasangan sama bandros dan bandrek hangat kadang juga suka jualan kalo ada acara kenaikan kelas d pesantren sama sekolah madrasah diniyah. Yang nulis artikel ini bakal bikin men minuman tradisional dari jawa tengah nama minuman yang bakal dibuat sama penulis artikel ini. Resep Membuat Sekoteng Pelangi Hangat atau panas.
Resep Membuat Sekoteng Pelangi Hangat
Resep Membuat Sekoteng Pelangi Hangat
Bahan-bahan untk membuat bola ketan:
  1. sediakan 100 gram tepung ketan
  2. Tambahkan kira-kira 1/4 sendok teh garam jangn lebih
  3. 75 mili liter air hangat
  4. 1 tetes ajah cairan pewarna ijonya
  5. 1 tetes ajah cairan pewarna merah mudanya
Bahan-bahan untuk kuah sekoteng pelangi:
  • 1 liter air putih
  • 100 gram jahe lantas memarkan
  • 2 lembar daun pandan lantas iket
  • 1/2 sendokteh garam
  • 150 gram gula pasir
Bahan-bahan pelengkap:
  • 75 gram kacang suuk lantas sangrai
  • 20 gram sagu mutiara merah lantas rebus sagu mutiaranya dan tiriskan
  • 100 gram tape singkong lantas potong-potong kotak
Cara membuat sekoteng pelangi:
  1. Bola ketan: Campurkan tipung ketannya dan garam. Masukan air putih sedikit demi sedikit sambil d uleni sambil kalis. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Satu bagian ditambhakan pewarna merah muda sedikt ajah lantas uleni sampai rata. Satu bagian lagi ditambahan pewarna ijo muda sedikt ajah uleni sampai rata, Dan sisa adonan biarkan putih ajah. Lantas ambil sedikit adonan putih bentuk bulat kira-kira sebesar kelereng. Lantas lakukan untk semua adonan. Kalo sudah rebuslah dalam air mendidih hingga matang lantas angkat, tiriskan, sisihkan.
  2. Untuk kuah: Rebus air, jahe dan daun pandan yang tadi sudah d iket dengan api kecil hingga beraroma sedap. Masukan garam dan gula pasir. Lantas masak gula pasir hingga larut.
  3. Lantas masukan bola ketan masaklah sampe mendidih.
  4. kalo sudah mendidih sekoteng pelangi hangat siap untuk disajikan.
Allhamdulilah resep membuat sekoteng pelangi hangat sudah beres dibuat tidak sulit bukan membuat minuman tradisional daerah jawa tengah. Kalo anda ingin makan sekoteng pelangi hangat tinggal baca artikel resep membuat sekoteng pelangi hangat ajah kapan ajah anda ingin makan sekoteng bisa langsung membuat sendiri dirumah engga perlu nyari kesanh kesinih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Sakoteng Pelangi Hangat

0 komentar:

Post a Comment