Monday, May 2, 2016

Resep Membuat Ikan Asin Lumur Cabai Spesial Enak

Resep Membuat Ikan Asin Lumur Cabai Spesial Enak. Ikan asin merupakan salah satu bahan yang biasa dan sering digunakan untuk masak atau ngeliwet, atau bisa dimasak juga untuk makan besar berkumpung bersama dengan keluarga dan menjadi teman sajian nasi hangat yang sedap dan nikmat dengan sambal dan lalapan yang masih segar-segar. Tentu mungkin saja diantara kita juga udah pernah dan sering memakan masakan atau olahan lauk pauk teman nasi yaitu ikan asin dari laut.

Bisa juga seperti ikan biasa di air tawar yang sering dibakar dan digoreng, ikan asin laut ini juga bisa dijadikan seperti itu, namun lebih berbeda rasanya dan ketika dibakar tercium bau wangi sedap yang nikmat dan lezat. Namun sekarang ikan asin laut ini akan di olah atau dimasak dengan cara digoreng dan dibaluti atau dilumuri denga bumbu cabai yang sangat menggoda untuk disantap apalagi bila melihat langsung pasti kita kepengen segera untuk menyantapnya dengan nasi yang hangat.

Ohiya ikan asin ini sangat khas sekali dimasak oleh orang sunda khusunya, bahkan sekarang bukan hanya orang sunda saja yang suka memasak dan menyukainya karena sudah banyak olahan vareasi masakan yang menjadikan ikan asin ini sangan pas dan nempel dilidah rasanya tuh.

Ikan asin ini sangat mudah sekali didapatkan dimana saja, diwarung terdekat rumah pun anda apa lagi dipasar-pasar pasti kumplit pastinya. Sangatlah mudah sekali untuk mengolah atau membuatnya dengan tidak menghabiskan waktu yang lama dan tidak juga menguras tenaga namun hasilnya wow nikmatnya luar biasa dengan rasa yang pas enak asin dan segala macemnya terasa sampai kehati. Berikut dibawah ini Resep membuat ikan asin lumur cabai dengan bahan dan cara mengolah atau membuatnya sampai dengan matang dan siap disajikan.

Resep Membuat Ikan asin Lumur Cabai Spesial Enak
Resep Membuat Ikan asin Lumur Cabai Spesial Enak
Baham-bahannya:
  • 200 gram ikan asin petek
  • 2 sdm minyak goring
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 sdm asam jawa, larutkan denga 75 mlair, saring
  • 1 sdm gula merah
  • ½ sdt garam
Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 buah cabai merah
  • 4 buah bawang merah
  • ½ sdt terasi, disangrai
  • 2 siung bawang putih
Cara membuatnya:
  1. endamkan ikan asin petek dengan air hangat, lalu tiriska, kemudian goring sampai dengan kering, angkat. Sisihkan
  2. Panaskan minyak gorang, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas yang sudah dimemarkan, dan daun salam sampai tercium bau wangi atau harum dan matang
  3. Masukkan air asam jawa dan gula merah. Didihkan dengan api yang kecil sampai mengental
  4. Tambahkan garam, adukka hingga merata
  5. Masukkan ikan asin petek yang sudah digoreng. Aduk sampai ikan tercampur dengan bumbu. Angkat dan sajikan
Mudah dan sangatlah simple sekali kan. Dan ikan asin lumur cabai siap disantap dengan nasi apa saja dengan nasi liwet pun lebih mantep dan jempol abis. Selamat mencoba dengan Resep masakan yang saya sajikan untu anda, somoga berhasil dan memuaskan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Ikan Asin Lumur Cabai Spesial Enak

0 komentar:

Post a Comment