7 masakan berkuah dari sayuran segar

7 masakan berkuah dari sayuran segar – salah satu sahabat masakan yang paling digemari masyarakat untuk menjadikan teman santap makan nasi biar lebih nikmat. Masakan berkuah atau yang ada airnya yang enak ini disebut dengan “sayur” yang mana sajiannya memerlukan campuran bahan dan bumbu alami yang dapat menyehatkan badan. Biasanya yang diperlukan ini adalah sayuran segar dan enak yang mempunyai banyak vitamin dan manfaat serta khasiatnya sudah terjamin dalam dunia kesehatan, bahkan dalam sebuah pemeriksaan dokter seluruh dunia sayuran-sayuran yang segar ini dianjurkannya untuk setiap orang mengonsumsi agar menstabilkan kandungan nutrisari dan menambah bagi orang yang mempunyai kekurangan serat nutrisari.

Bisa anda rasakan sendiri mungkin bila menikmati kelezatan dan kegurihan yang ada dalam masakan berkuah pasti sangat menggugah selera, apalgi bersama dengan teman nasi lainnya menjadikan santapan anda semakin nikmat, betul sekali kan. Campuran dan bahan utamanya juga bermacam-macam banyak sekali dari mulai sayuran yang enak dan segar, telur, daging-daging yang lezat, baso, sosis, serta yang lainnya bisa dijadikan dan dicampur dalam membuat dan mengolahnya, apalagi kalau anda memiliki resep masakan berkuah tersendiri pasti sangat bangga karena belum ada yang mengetahui dan merasakan apa yang anda buat, dan bilapun mengetahuinya tetangga-tetangga dekat rumah anda pasti ingin tahu resepnya segera.

Mungkin bila anda bosan dengan masakan kering teman nasi yang gitu-gitu aja bisa anda coba dengan masakan lainnya yang berbeda, seperti masakan yang digoreng, masakan yang ditumis, masakan yang dikukus, masakan yang dipepes dan masih banyak lagi yanglain salah satunya masakan yang satu ini. Ohiya bila tidak mau ribet membuatnya sendiri bisa anda membelinya diluar rumah, karena banyak sekali yang menjualnya ditempat-tempat makan warteg, warung nasi, restoran dan pokonya tempat-tempat makan pasti ada.

7 masakan berkuah dari sayuran segar

Yu intip aja terus kami dengan resep-resep terbaru yang kami sajikan dengan rinci namun simple mudah dimengerti juga. Berikut ini kumpulan masakan berkuah yang membuat selera bertambah lagi dan lagi dan bermanfaat sekali pastinya. Anda bisa pilih dari salah satunya, semuanya juga boleh, dan jangan lupa yang teliti yah memperhatikan resepnya nanti ada yang terlewat lagi hehe.

1. Sup Pak Choi Telur Puyuh Torolong
Sup Pak Choi Telur Puyuh Torolong
Sup Pak Choi Telur Puyuh Torolong

Unik sekalikan dengernya juga iyakan, apalagi kalau sudah tau rasanya dan nyobain beuuuuh gila banget dah pokonya. Telur dari burung puyuh menjadi salahsatu pilihan untuk gabungan dari sup pak choi ini yang menarik. Sajiannya indah sekali kan tapi gak php rasa didalamnya pun lebih dari indah dari pelangi wkwkw langsung ajadeh.

Bahan-bahannya:
  • 300 gram pok choi
  • 5 butir bawang merah
  • 1500 air mineral yang bersih
  • 3 siung bawang putih
  • 2 blok kaldu sapi
  • 10 buah telur puyuh, rebus
  • 2 buah sosis sapi, dipotong dengan berukuran 1 cm atau sesuai yang diinginkan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk merica
  • 2 batang daun bawang, dipotong berukuran 1 cm
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 tangkai seledri, diiris
Cara Membuat Sup Pak Choi Telur Puyuh Torolong:
  • Bersihkan terlebih dahulu pok choi, lalu potong-potong dengan berukuran 3 cm
  • Resbuskan air, bawang merah dan bawang putih hingga tercium bau wangi atau harum. masukkan kaldu sapi blok, adukkan hingga mendidih. MAsukkan telr puyuh yang sudah direbus, masak sampai matang
  • Tambahkan pok choi, dan sosis yang sudah dipotong-potong, aduk hingga melayu. Beri garam, merica, dan gula pasir, kemudian aduk rata
  • Masukkan daun bawang dan seledri yang sudah diiris, adukkan sampai semua bahan matang. Angkat dan sajikan
2. Sayur Bening Katuk Plus Oyong Suedaaap
Sayur Bening Katuk Plus Oyong Suedaaap
Sayur Bening Katuk Plus Oyong Suedaaap
Sayur katuk ini sudah terdengar biasa dong dikalangan masyarakat, karena sayuran ini sering kali disajikan untuk anak kecil, balita, anak muda ataupun orang tua yang sudah dewasa. Ini sangat bermanfaat dengan vitamin yang terkandung didalamnya serta menambah kekurangan vitamin yang dibutuhkan untuk badan kita. Ayo, sekarang kalau sayur katuk doang gacukup pastinya untuk tambahan dari gabungan bahan yang lainnya, nah disini akan kami tambah dengan oyong yang dipotong-potong sehingga semakin sedap meski sayur ini warnanya bening tapi guraih dan lezat.

Bahan-bahannya:
  • 2 buah oyong yang berukuran sedang
  • 1 ikat daun katuk
  • 1 buah wortel
  • 1000 ml air bersih
  • 4 butir bawang merah, diiris halus
  • 2 buah cabai merah besar, dipotong bulat
  • 2 siung bawang putih, diiris halus
  • 1,5 (satu setengah) sdt gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk merica
Cara membuat Sayur Bening Katuk Plus Oyong Suedaaap:
  1. Petik daun katuk, cuci dengan bersih lalu tiriskan. kupas oyong, cuci dengan bersih lalu potong-potong. Kupas wortel, potong bulat dengan berukuran kurang lebih 1/2 cm. Kemudian sisihkan
  2. Rebuskan air, Bawang merah yang sudah diiris halus, cabai merah besar yang sudah dipotong bulat, bawang putih yang sudah diiris halus, garam, dan gula pasir sampai mendidih
  3. Masukkan oyong dan wortel yang sudah dipotng-potong lalu masak sampai dengan matang
  4. Tambahkan daun katuk, kemudian masak sampai semua bahan matang. Angkat dan sajikan
3. Sup Jamur Wortel Saus Tiram Simple Sedap
Sup Jamur Wortel Saus Tiram Simple Sedap
Sup Jamur Wortel Saus Tiram Simple Sedap
Sup yang sangat special dari wortel yang dipotong-poyong dan diolah dengan tambahan bumbu-bumbu dapur seperti biasa anda memasak. Kegunaan dan khasiat dari wortol ini bermanfaat intuk mencegah penyakit maya agar mata menjadi sehat dan penglihatan menjadi bagus, biasanya suka dimasak oleh kaum ibu yang mempunyai buah hati yang masih balita. Tapi untuk masakan sup wortol ini untuk anak-anak yang berumur dan semuanya dari orang tua dan dewa, tidak untuk balita karena menggunakan bahan tambahan saus tiram dan jamur yang segar dan muantepp.

Bahan-bahannya:
  • 1 buah wortel
  • 5 buah kuping jamur
  • 10 buah kentang rendang, kupas
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1/4 buah bawang bombay, diiris panjang
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 3 siung bawang putih, dicincang
  • 1500 ml air
  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 setengah sdt garam
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/4 sdt bubuk merica
  • 2 batang daun bawang, diiris
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 tangkai seledri, diiris
Cara membuat Resep Sup Jamur Wortel Saus Tiram Simple Sedap:
  1. Seduh jamur kuping dengan air panas, tiriskan dan iris kasar. Kupas wortel, potong serong atau sesuai dengan selera. Kupas kentang mini, biarkan utuh. Sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumiskan bawang bombay yang sudah diiris panjang, bawang putih yang sudah dicincang, dan jahe yang sudah dimemarkan hingga tercium bau wangi atau harum. Masukkan air, jamur kuping yang sudah di iris kasar, wortel yang sudah dipotong serong, dan kentang. Adukkan sampai merata
  3. Masukkan saus tiram, kecap asin, garam, kecap manis, bubuk merica, dan gula pasir, masak sampai matang. masukkan daun bawang dan seledri yang sudah diiris, aduk rata. Angkat dan sajikan
4. Sayur Bayam Bunga Telur Spesial Enak
Sayur Bayam Bunga Telur Spesial Enak
Sayur Bayam Bunga Telur Spesial Enak
Waduh apalagi nih hehe… sayur bayam telur special ini sangat cocok buat menu dapur makan keluarga tercinta anda. Bayam identic untuk sebagai penambah tenaga dan semangat seperti di film kartun anak-anak si popay, dia terkenal dengan seorang pelaut yang biasa yang sering dijaili dan disakiti oleh seorang lelaki yang jahat yaitusi brutus, dia ingin menjadikan pacar si popay buat jadi miliknya dengan cara apapun, ketika itu sipopay kalah dan lemas lalu memakan bayam, kemudian ia menjadi kuat dan sangat bertenaga sekali, begitulah bagian dari sayuran bayam yang ada di flm kartun. Namun kali ini akan dimasak dengan yang asli serta dicampur dengan telur ayammenjadi masakan favorit.

Bahan-bahannya:
  • 2 ikat bayam
  • ½ garam
  • 4 siung baawang putih, dicincang halus
  • 300 ml air
  • 2 sdm minyak goreng
  • ½ sdt bubuk kaldu ayam
  • 1 butir telur ayam
Cara membuat Sayur Bayam Bunga Telur Spesial Enak:
  1. Petik bayam, ambil daun dan batang mudanya saja. cuci sampai dengan bersih, lalu sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumiskan bawang puti yang sudah dicincang halussampai tercium bau wangi atau harum. Angkat. Letakkan atau simpan didalam mangkuk, sisihkan
  3. Didihkan air. Masukkan bayam, garam, dan kaldu bubuk, masak sampai layu
  4. pecahkan telur dan tuangkan kedalam sayur bayam. Aduk cepat agar telur hancur. masak sampai matang. Angkat
  5. Tuangkan sayur bayam kedalam mangkuk yang berisi tumisan bawang putih. Lalu sajikan
5. Sayur Asem Tetelan Yang Pas Rasanya
Sayur Asem Tetelan Yang Pas Rasanya
Sayur Asem Tetelan Yang Pas Rasanya
Masakan yang berasal dari daerah jawa yang terkenal, kini sudah tersebar luas diseluruh nusantara, bahkan sampai seantero dunia sayur asem sudah banyak yang mengetahuinya.

Bahan-bahannya:
  • 100 gram tetelan sapi, dipotong menjadi kotak-kotak
  • 1.500 ml air
  • 2 lembar dan salam
  • 2 cm lengkuas
  • 50 gram buah melinjo
  • 1 buah jagung manis, dipotong bulat berukuran kurang lebih 2 cm
  • 50 grang kacang tanah
  • ½ labu siam, dipotong-potong
  • 20 gram daun melinjo
  • 2 buah wortel, dipoong bulat berukran kurang lebih 1 cm
  • 5 utas kacang panjang, dipotong berukuran kurang lebih 3 cm
  • 2 sdm asam jawa, larutkan dengan 4 sdm air
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
Bahan yang dihaluskan:
  • 4 butir bawang merah
  • 4 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
Cara membuatnya:
  1. Rebuskan air dan daging sapi tetelan sampai air mendidih dan daging empuk. Masukkan kedalamnya bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas, dan daun salam, masak sampai tercium bau harum dan tetelan matang
  2. Masukkan melinjo, kacang tanah, dan jagung manis yang sudah dipotong bulat, masak sampai setengah matang
  3. Tambahkan labu siam yang sudah dipotong-potong, wortel, daun melinjo, kacang panjang yang sudah dipotong-potong, larutkan asam jawa, garam, dan gula pasir. Adukka sampai merata dan masak dengan api yang kecil sampai matang
  4. Angkat dan sajikan
6. Sayur Bobor Bayam Labu Kuning Segar Dan Bergizi
Sayur Bobor Bayam Labu Kuning Segar
Sayur Bobor Bayam Labu Kuning Segar
Kini bayam dijadikan sayur bobor dengan tambahan labu kuning yang bergizi. Campuran yang sangat sempurna dari resep kali ini.

Bahan-bahannya:
  • 1 ikat bayam
  • 150 gram labu kuningg
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 250 ml air
  • 1 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
Bmbu yang dihaluskan:
  • 4 butir bawang merah
  • 1sdt ketumbar, disangrai
  • 2 cm kencur
  • 2 siung bawang putih
Cara membuatnya:
  1. Petik daun bayam, lalu cuci sampai bersih kemudian tiriskan. Kupas labu kuning atau labu siam,lalu iris dengan ukuran kurang lebih dari 1 cm, lalu sisihkan
  2. Masakkan santan, air, bumbu yang sudah dihaluskan halus, daun salam, dan lengkuas. Kecilkan api, Lalu adukkan agar santan tidak pecah
  3. Masukkan labu kuning yang sudah diiris dengan berukuran, masak hingga matang. beri garam dan gula pasir. Adukkan sampai merata
  4. Masukkan bayam yang sudah dipetik dan bersih,adukkan dan masak hingga semua bahan matang. Angkat dan sajikan
7. Sayur Bayan dan Jamur segar
 Sayur Bayan dan Jamur segar
 Sayur Bayan dan Jamur segar
Ternyata bayam ini sangat banyak sekali ya peminatnya, berbagai sayur pasti ada bayam beuuuuh memang keren ini si bayam hehehe sekarang ditambah dengan jamur woooooo semakin dobel yummy amazing dah pokonya.

Bahan-bahan:
  • 3 ikat bayam yang segar
  • 250 gram jamur merang yang segar
  • 3 buah jagung manis
Bumbu-bumbu:
  • 4 siung bawang putih potong-potong atau cincang
  • 1 steanf makan ebi atau terasi di memarkan lalau goreng
  • 3 sendok kecap ikan atau kecap manis, secukupnya
  • 3 sendok gula pasi, secukupnya
  • 1 sendok garam, secukupnya
  • 150 ml air putih
  • 2 sendok minyak (menumis)
Langkah-langkah pembuatannya:
  1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, kemudian tumiskan bawang putih dan terasi (ebi) hingga tercium aroma harum lalu masukan jamur merak aduk hingga merata sampai layu usakan jangan terlalu matang
  2. Masukan air putih atau mineral, kemudian aduk hingga rata
  3. Pipil jagung manis lalau masukan, lalu msaukan juga kecap manis atau kecap ikan, gula pasir dan garam. Masak dan aduk hingga matang
  4. Potong-potong bayam sesuai selera anada lalu masukan. Adukan jangan terlalu matang atau setengah layu
  5. sajikan dan taburkan dengan bawang goreng
7 masakan berkuah dari sayuran segar | jessy seftyani | 5

1 komentar:

  1. Foto yang dipakai untuk Sayur Bayam Bunga Telur Spesial Enak itu adalah milik Katering Indonesia San Diego yang diambil tanpa ijin. Lagipula, itu bukan bayam melainkan sawi hijau telur udang.

    ReplyDelete