11 Nama Makanan Jajanan jadul disertai resep pembuatannya

11 Resep Masakan Jajanan Tempo Doeloe - Waduh sekarang zaman semakin canggih dalam hal semua teknologi dari mulai transportasi, mesin penggiling, dan yang lainnya. Tapi tidak untuk soal masakan dan makanan, semakin sini orang malah mencari masakan tempo doeloe yang bentuknya unik dan rasa yang paling spesial lezat, namun tidak semua masyarakat juga yang menggali dan mencari aneka jenis masakan jajanan yang lagi ngetop-ngetopnya di era zaman itu, ada juga yang membuat masakan baru dengan bahan yang baru dan enak juga mungkin sama tidak jauh beda, namun kalau dibandingkan dengan aneka olahannya yang zaman doeloe beda jauh sekali.

Dari sekian banyaknya yang tersebar diseluruh antero nusantara dan seluruh Indonesia kami sajikan aneka resep masakan jajanan yang menggunakan bahan waktu dulu juga, tidak dilebih-lebihkan dan tidak juga dikurang-kurangi, namun semuanya kami rangkum dengan dan ambil yang pentingnya saja untuk memudah kan anda yang ingin membuatnya sendiri dengan simpel dan tidak memakan waktu yang lama, kalaupun lama karena pengolahannya seperti itu.

11 Resep Makanan Jajanan Tempo Doeloe

Aneka jenis masakan jadul biasanya ditemukan dan dipatnya diperkampungan dan diarah pelosok yang masih kental dalam tradisinya hingga sekarang ini. Bila mencarinya untuk dinikmatinya secara dadakan bisa juga mencarinya dipasar tradisonal namun tidak mudah harus dengan extra yang sabar, karena masakan jajanan jadul ini sudah jarang pengrajin yang membuatnya mungkin itu juga yang dari daerah kampung yang dijualnya ke pasar-pasar tradisional lalu dijualnya kembali.

1. Kue Jala Ketan Hideng Gula Merah
kue jala ketan
kue jala ketan
Yang pertama ini kue jala yang bisa disebut juga kue jalabria, kue ini sangat populer diera pada tahu 2000 an hingga sampai sekarang mungkin disetiap pelosok daerah yang masih kampungnya kental banget. Kue jala ini berbentuk bulat yang hampir menyerupai juga dengan kue donat yang gaenak tengahnya itu, namun kue ini berwarna hitam alias hideung hehehe. Ada beberapa sekian dari penyajian kue jala ini hingga membuat rasanya sungguh luar biasa yaitu ada yang menggunakan taburannya dengan gula merah dan ada juga yang menggunakan gula tepung yang lebut dan halus.

Bahan-bahan untuk kue jala ketan hideng gula merah:
  • Sediakan 250 gram tipung ketan hideng(hitam)
  • Sediakan nuga 150 gram parutan kelapa
  • Tambahkan 1 sendok teh garam
  • Air putih 200 mili liter
Bahan-bahan balutan:
  • 300 gram gula merah yang sudah di iris-iris campurkan dengan air putih hangat 50 mili liter dan 1 lembar daun pandan
Cara pembuatan kue jala ketan hideng gula merah:
  1. Pertamatama campurkan ketan hideng, kelapa dan garam aduk sampe rata
  2. Jangan lupa beri air putih sedikit demi sedikit k dalam adonan tipung ketan sambil diuleni hingga kalis
  3. Setelah dirasa adonan kalis jngan lupa diamkan adonannya selama 30 menit
  4. Lantas itu mulai cetak adonan bentuk donat bolongin tengahnya kemudian goreng dalam minyak panas sekali sampai mateng
  5. Setelah kue jala dingin lantas baluri jala ketan hideng dengan gula merah setelah itu tunggu sampe kering gula yang tadi dibaluri k kue jala ketan hideng taro di dalam wadah nampan bisa juga di rak pendingin.
2. Kue Balok Kota Kembang Bandung
Kue Balok Kota Kembang Bandung

Berbicara soal kue balok, yaaaaa mungkin soal orang yang banyak mengatakan mengapa kue ini disebut kue balok, yah karena kue ini berbentuk balok sangat mirip dan percis sekali dari segi bentuknya. Kue jadul yang satu ini merupakan khas dari kota bandung kota yang paling besar di daerah jawabarat dan sebagian orang enyebutnya juga kota kembang, dan yang terkenal akan keindahan dan kedamain serta kesejukan dari setiap tempat-tempat wisatanya. Kue ini sangat nikmat dan enak dengan disantap rame-rame dengan suasana gembira apalagi dengan keluarga tercinta dengan sembari berkemah atau berlibur menikmati kota lautan api ini.

Bahan-bahan membuat kue balok
  • 500 gram tipung terigu sesuai selera masing-masing
  • 1/2 kilo gram gulpas
  • 1/2 kilo gram telur ayam
  • 2 sendok makan margarine
  • 5 sendok makan susu putih
  • 2 buah soda susu
  • 2 buah vanilla bubuk
Cara pembuatan kue baloknya:
  1. Yang pertama siapakan wadah atau baskom kosong, lalu masukan telur dan gulpas lalu kocok ampe benar-benar rata dan telurnya berbuih putih.
  2. Setelah telurnya berbuih tambahkan margarine dan kocok lagi adonan kuenya ampe rata.
  3. Setelah rata, masukan tipung terigu lalu kicik kembali.
  4. Lalu tambahkan soda kue, susu putih dan vanilla bubuknya kemudian aduk-aduk rata kembali.
  5. Setelah adonanya rata, tambahkan air putih ingat adonnya jangan terlalu cair (encer) dan ga boleh terlalu kental atau padat.
  6. Siapkan cetakan buat kue baloknya yang udah d panaskan terlebih dahulu, lalu tuang adonan kuenya k dalam cetakan kuenya sesudah itu masukan k dlam oven tunggu kuenya mateng.
  7. Untuk mengetahui kuenya mateng atau belum liat jah atas kuenya udah merekah apa belum kalo udah merekah berarti kue baloknya udah mateng.
  8. Setelah matang angkat kue baloknya lalu masukan adonan yang mentah ampe habis k dalm cecatkan lalu oven lagi ampe semua kuenya mateng.
Tips membuat kue balok kota kembang bandung:
  1. Telur dan gulpas dikocok minimal 15 menit ampe 20 menit juga boleh biar adonan mengembang dngan baik.
  2. Saat admin menambanhkan ragi, jngan ampe ada garam dan margarine ikut tercampur k dlam adonan karena menyebabkn ragi gak bisa bekerja dan kuenya jadi bantat kalo mateng.
  3. Saat adminmasukn tipung tarigu, sebaiknya mnggunakan tngan biar gampang sekali-kali adonannya d pukul-pukul supaya udara bisa masuk k dlam adonan kue.
  4. Alangkah baiknya adonan kue balok d istirahatkn dulu smbil d tutupin pke kain lembak kurang lebih 1 jam lah biar proses peragian bisa sempurna.
  5. Kalo admin mau menuangkan adoanannya pada cetakn, aduk-aduk terlebih dulu adonanya agar gas keluar dari adonan kuenya.
  6. Admin harus ingat, cetakan harus bnar-bnar panas saat admin mau menuangkan adonan k dlam cetakan kuenya, agar hasil kuenya mengembang baik jadi ga bantat.
3. Kue Ali Cincin Permata Lezat

Yuhuuuu, bukan berarti dengan disebutnya kue cincin lalu bentuknya kecil banget seperti cincin, akan tetapi dari segi penglihatan dengan sehat dan cantik maka disebutlah dan diberi nama julan kue cincin, dan sebagian banyak mungkin anda juga pernah mendengarnya di daerah sunda mereka menyebutnya denga sebutan kue ali. Kue ini berasa dari daerah jawa barat yang terpopuler dan tidak ada hentinya sampai sekarang, karena kue ali ini sering sekalai dipakai atau digunakan di acara besar dan rame seperti pernikahan, selametan, dan lain sebagainya. Ohiya kue cincin ini juga termsuk sodaranya kue donat hehe... namun agak sedikit kurus dan tidak terlalu empuk dan juga tidak menggunak meces atau yang lainnya, karena kue ini ada pengolahan bahan khususnya juga.

Bahan-bahan adonan pertama:
  • 250 gram teping beras
  • 75 gram kelapa yang setengah dari tua, diparut kemudian sangrai
  • 1/2 sdt gram
  • 100 gram gula pasir
Bahan-bahan adonan kedua:
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 100 gram gula merah
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng
  • 150 ml air
Cara Membuat Kue Ali Cincin Permata Lezat:
  1. Rebuskan bahan yang kedua sampai melarut, lalu sisihkan
  2. Adukkan kelapa yang sudah diparut dan disangrai, gula pasir, garam, dan tepung beras
  3. Tuang gula yang masih panas dan yang masih panas kedalam adonan tepung, uleni sampai kalis and gampang dibentuknya
  4. Letakkan atau taro kedalam wadah seperti baskom lalu tutup dengan menggunakan kain yang basah. Diamkan kurang lebih selama 8 jam agar hasil bagus
  5. Bentukkan menyerupai donat atau cincin dengan 1 sdm adonan. Gorengkan dalam minya yang panas dan banyak sampai matang dan mengapung. Angkat dan sajikan
4. Kue Lapis Enak Legit Simple
kue lapis
kue lapis
Kue khas yang berlapis dan setiap lapisnya berwarna-warni seperti layaknya pelangi yang indah, namun rasanya juga tidak kalah enak dan nikmat super legit. Namun adakan anda mengetahui bagaimana sejarah pertamanya kue lapis ini? jelas sebaian banyak mungkin belum mengetahui dan cuman mengetahuinya soal dari rasa dan bentuknya saja. Kue ini pertamakali diolah dan dibuat oleh orang belanda yang dulu pernah singgah di Tanah air kita, namun dengan kecerdikannya masyarakat Indonesia dengan dari berbagai pengolahannya sampai dengan terkenal membuat satu perjanjian hak milik dengan orang belanda, dan akhirnya kue lapis ini menjadi hak milik kuliner jajanan Indonesia.

Bahan-bahannnya:
  • 275 gram tepung beras
  • 300 gram gula pasir
  • 75 gram tepung sagu atau tepung tapioka
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sdt pewarna makanan hijau
  • 950 ml santan
  • 1 sdt perarna makanan merah
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
Cara membuat Kue Lapis Enak Legit:
  1. Masak terlebih dahulu santan, daun pandan, dan garam sampai dengan mendidih. Angkat diamkan hingga hangat atau tidak terlalu panas. Campurkan tepung sagu ataung tepung tapioka, tepung beras, gula, dan tuang santan yang sudah tidak terlalu panas atau yg sudah hangat sedikit demi sedkit smbil di aduk-aduk sampai gula pasir melarut dan semua adonan tercampur merata
  2. Bagi adonan yang sudah menjadi 3 bagiann lalu masing-masing adonan yang sudah dibagi beri pewarna makan hijau, merah, atau selera anda yang diinginkan. Siapkn loyang berukurn 20x20 cm, (bila tidak punya, bisa menggunakan loyang yang lainny) oleskan secukupnya minyak kedalam wayang tersebut, lalu panaskan kedalam tempat kukus atau panci yg sudah anda siapkan
  3. tuangkan adonan warna yang pertama kurang lebih 50 ml, tutup dengan panci pengkukusnya, lalu tunggu selama 5 menit, tuangkan kembai dengan adonan warna yg ke2, lalu tutup kembali dan tunggu selama 5 menit lagi, dan lakukan hal yang serupa sampai semua adonan warna yang lainnya habis
  4. Kukus sampai matang kurang lebih selama 30 menitan saja. Jika benar-benar sudah matang, angkat, potong-potong sesuai selera, dan siap saji
5. Opak Ketan Sunda
opak ketan
opak ketan
Sudah jelas mungkin dari namanya kue ini menjalur dari bahasa sunda jadi opak ini pasti khas dari daerah jawabarat suku sunda dengan gabungan dari beras ketan, santan serta telor dan yang lainnya yang menjadikan rasa yang dihasilkannya sunggu wow ngeunah pisan hehehe. Opak ini merupakan sejenis kerupuk yang renyah dan nyakrek bila digigit dan dikunyahnya sehingga menimbulkan kepuasan tersendiri terhap si penikmatnya, opak ini juga sangat banyak sekali jenisnya contohnya ada yang menggunakan sampeu atau hui dan sungguh beragam bila ditelinya lebih dalam dan dengan tuntas.

Bahan-bahan membuat opak ketan khas sunda:
  • Beras ketan
  • Kelapa yang muda d parut terlebih dulu untuk santan ( 3 kilo gram beras ketan cukup untuk 1 kelapa parut)
  • Gula pasir secukupnya
  • Telor ayam 2 butir ajah
  • Garam dapur secukupnya
Ada pun cara membuat makanan tradisional opak ketan khas sunda:
  1. Pertamnya beras ketan ditanak terlebih dulu hingga matang.
  2. Bumbu-bumbu yang lengkap dicampurkan berikut santan kelapanya juga
  3. Lantas ditumbuk tumbuk sampai halus hingga berbentuk adonan.
  4. Adonan digiling tipis, lantas dicetak bulat dengan diameter 10 centi meter sampai 12 centimeter.
  5. Lantas adonan tipis yang sudah berbentuk bulat tadi dijemur dulu hingga kering
  6. Dipanggang hingga mengembung kira kira seukuran diameternya 1 centi meter sampai 2 centi meter.
Catatan: Proses penjemuran opak memakan waktu kurang lebih dua hari, itu juga kalo cuacanya panas dan bersahabat dengan kita baru bisa kering adonan opak ketannya tapi kalo cuacanya ga bersahabat malah menghambat penjemuran opak ketan tersebut.

6. Cireng Cemilan Jadul Enak Sederhana
cireng
cireng
Cireng ini merupakan sebuah kata dari gabungan kata aci goreng yang artinya adonan aci yang sudah di olah lalu kemudian digoreng lalu dinamakan lah seperti itu. Cireng ini salah satu khas jajanan gorengan dari daerah sunda jawa barat dan sangat ngetren dan populer diera tahun 80 an yang membuming dengan kehadiran jajanan inik ini sehingga membuat masyarakat banyak yang memburunya pada waktu itu. Namun dengan berjalan seiringnya waktu dan semua alat transportasi dan penggiling menggunakan mesin cireng ini sedikit demi sedikit sudah mulai dilupakan, namun tidak usah hawatir karena kini sudah ada kembali disetiap tukang gorengan beserta dengan gorengan lainnya seperti, bala-bala atau bakwan, goreng tempe dan lainnya.

Bahan-bahan cireng cemilan jadul enak sederhana:
  • 7 sendok makan tipung tapioka
  • 2 sendok tipung terigu
  • 75 mili liter air pitih panas
  • 2 siung bawang putih kupas bersih, haluskan
  • 1 helain daun bawang lantas iris iris tipis
  • 1 sendok teh kaldu bubik rasa ayam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur meja
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat adonan cireng cemilan jadul enak sederhana:
  1. Langkah utama campurkan semua bahan terkecuali minyak goreng dan air putih. hingga rata. Lantas itu masukan air pitih sedikit sedikit hingga kail. Sesudah itu bentuk adonan cireng menjadi bulat sedikit pipih.Sisihkan adonan cireng
  2. Didihkan air lantas rebus adonan cireng yang sudah di bentuk bulat hingga mengembang. Kalo sudah mengembang angkat dan tiriskan adonan cireng
  3. Kalo sudah adonan cireng dingin panaskan minyak goreng, lantas goreng adonan cireng yang tadi sudah di rebus tunggu sampai cireng mateng. Lantas itu angkat cireng yang sudah matang tiriskan sebentar, kalo sudah aga hangat cireng siap untuk di sajikan.
7. Getuk Enak Dan Manis Tradisional
getuk
getuk
Getuk ini merupakan salah satu cemilan atau kue yang khas berasal dari daerah jawa barat, salah satu bentuknya yang unik dan yang terbuat dari bahan utamanya singkong dan dengan ditambah dengan manisnya dari gula merah serta taburan parut kelapa yang menjadikan rasa semakin nikmat, manisnya ini sungguh jelas nikmat dan gurih enak gimana gitu sehingga bisa menyihir si penikmatnya ketagihan lagi dan lagi. Adapun jenis getuk lainnya seperti getuk lindri yaitu dengan menjadikan nya warna warni bila ada yang bosan bisa merubah menjadi getuk merwarna, dan kalo getuk biasa cuman berwarna putih dan warna dari gula merah itu,. Cemilan yang banyak sekali digemarinya dan bisa juga dijadika oleh-oleh yang istimewa buat anda yang sering bepergian.

Bahan bahan utama membuat geutuk:
  • Singkong yang sudah di kupas 1 kilo gram
  • Air putih bersih 125 mili liter
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Gula merah 225 gram di iris iris halus
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Kelapa parut sedang jangan terlalu tua 150 gram
Bahan buat taburan:
  • Kelapa muda yang sudah di parut secukupnya sesuai selera
Cara membuat getuk enak dan manis tradisional:
  1. Rebus gula merah dan gula pasir dengan air mendidih yang sudah di siapkan
  2. Tunggu sampai gula larut sambil di aduk aduk rata
  3. Lantas angkat gula terus saring supaya tidak kotor
  4. Kupas valini bubuk dan garam dapur meja sambil di aduk aduk rata dan sisihkan
  5. Potong potong buah singkong sesuai selera masing masing
  6. Kukus buah singkong dalam kukusan yang panasa tunggu sampai mateng dan juga empuk buah singkongnya
  7. Tambahkan parutan kelapa parut kemudian tuang rebusan gula kedalamnya
  8. Uleni menggunakan tangan sampai andonannya lembut dan masukan k dalam wadah nampan kotak sambil diratakan adonannya
  9. Lantas itu beres barulah potong potong getuk sesuai selara dan taburin kelapa muda yang sudah di parut di atas getuk maka getuk sudah siap disantap.
8. Dodol Picnic Khas Garut Super Legit
dodol picnic
dodol picnic
Dodol picnic ini sangat cocok buat anda yang sering jalan-jalan dan ini sangat cocok dijadikan cemilan disetiap perjalanannya. Dodol pun banyak sekali jenis dan rasanya, dan untuk dodol khas garut ini berbeda dengan yang lain dan sangat mudah dengan cara membedakannya yaitu disetiap kemasannya berbentuk kotak dan berwarna pink dan merah jambu.

Bahan-bahan dodol pincic garut super legit:
  • 1 kilo gram tepung ketan dari beras ketan yang berkualitas
  • 2 sendok makan santal cair
  • 2 kilo gram gula merah yang sudah di iris iris terlebih dulu
  • 2 ons gula pair
  • 5 buah kelapa (santan kental)
  • sejumput garam
Cara membuat dodol pincic garut super legit:
  1. Langkah pertamanya tepung beras ketan serta irisan irisan gula merah di campurkan dengan santan cair dan sedikit garam dapur meja
  2. Lantas rebuslah hingga kental dan tuangkan santan yang sudah kental dan gula pasir.
  3. Sesudah itu masak terus sampai benar benar kental sekali seperti bubur lama nya 3 1/2 jam.
  4. Proses selanjutnya tuang di atas nampan besar dodol yang sudah kentalnya yang sebelumnya sudah di lapisi kertas minyak
  5. Kalo sudah di tuang semuanya lalu di olesin menggunakan minyak goreng hingga rata semua kalo sudah dinginkan dulu lalu gulung gulung hingga bulat atau di potong potong bentuk dodolnya sesuai selera masing masing 
  6. Dodol yang sudah terbungkus sama kertas minyak lantas itu masukan k dalam kotak dan dodol pincic pun siap untuk di jual atau di santap.
9. Klepon Ubi Ungu Kenyal Enak
klepon ubi ungu
klepon ubi ungu
klepon merupakan jajanan kue khas Indonesia sekali, yang terbuat dari tepung kaji dan campuran bahan lainnya yang membuatnya menjadi kue yng sangat enak dan nikmat. Klepon ini sudah terkenal luas seantero nusantara yang banyak diburu oleh semua masyarakat dan banyak juga yang menyukainya, tidak heran bila haraganya juga yang cukup relapan mungkin karen sudah jarang yang membuatnya.

Bahan-bahan klepon ubi ungu kenyal enak:
  • 300 gram ubi ungu
  • 650 gram gula merah yang di sisir halus
  • 120 gram tepung ketan biasa
  • 1/2 sendok teh garam dapur meja
  • 90 mili liter air putih hangat
  • Kelapa parut secukupnya buat taburan
  • Sedikit garam halus dapur untuk di campurkan sama parutan kelapa
  • Air putih untuk merebuh secukupnya
Cara membuat klepon ubi ungu kenyal enak:
  1. Petama yang harus di lakukan kupas terlebih dulu kulis ubi ungu lantas cuci bersih
  2. Kukus ubi ungu sampai benar benar mateng dan empuk lantas dihaluskan
  3. Campurkan tepung ketan, garam dan ubi ungu
  4. Tuang air putih sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan mudah di bentuk
  5. Ambil sedikit adonan lalu di isi sama gula merah dan di bentuk bulat lakukan terus sampai adonan habis
  6. Panaskan air hingga mendidih lantas masukan adoan klepon yang sudah berbentuk bulat
  7. Rebus klepon sampai kenyal dan mateng lantas itu angkat dan tiriskan
  8. Kukus parutan kelapa yang sudah di campur sama garam kira kira 10 menit lantas angkat
  9. Gulingkan klepon dengan kelapa parut hingga merata dan siap untuk di nikmati.
10. Kue Gurandil Tempo Doeloe
kue gurandil
kue gurandil
Kue gurandil merupakan khas dari jajanan yang berasal dari jawa barat yaitu kota bandung, dan banyak yang mengatakan orang dulu dan orang-orang atau masyarakat sekarang mengakui bahwa kue gurandil ini cukup unik dan menarik bahkan sampai bertahan keaslian pembuatannya hingga kini. Dan semua gurandil pasti tidak aneh bila kebanyakan orang yang ingin menggunakan parutan kelapa karena disitulah yang membuat kelezatannya.

Bahan bahan gurandil:
  • Sediakan tepung kanji 1 kilo gram
  • Garam dapur 1 sendok teh sajah
  • Air panas 2 gelas
  • Tambah pewarna makanan berwarna merah bunga rose
  • Kelapa parut
  • Gula pasir seperlunya sajah
Cara membuat gurandil:
  1. Langkah pertama masukan bahan tepung kanji garam, air panas dan pewarna makanan lantas itu aduk aduk sampe bisa dibentuk seperti belut
  2. Lantas sudah itu potong potong setebal yang anda inginkan, lantas setelah di potong kemudian rebus sampai melayang layang adonanya. Sesudah adonannya melayang layang angkat dan simpan diatas kelapa parut dan diaduk aduk dulu sebentar.
  3. Gurandil siap di santap tapi sebelumnya taburi dulu sam gula pasir
11. Kue Putri Noong Khas Sunda
kue putri noong
kue putri noong
Sebutan kue putri noong ini adalah dari orang sunda, jadi sudah jelas sekali kue ini khas berasal dari daerah jawabarat. Nama lain dari putri noong yaitu kue putri ngintip, kue ini sangat terkenal pada zaman masa dulu, namun kini sekarang sudah jarang sekali bila mencarinya karena jarang sekali orang yang mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan kue putri noong:
  • Singkong atau hui sampe orang sunda bilang yang sudah diparut 500 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Pewarna buatan mau merah atau ijo sesuai selera
  • Pisang nangka 5 buah
  • Daun pisang sesuaikan
Untuk taburan kue putri noong:
  • Kelapa yang sudah diparut 1/2 butir
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh
Cara membuat kue putri noong:
  1. untuk membuat kue putri noong tinggal campurkan semua bahan-bahan  dengan cara dikkus sekitar 20 menit cukup lah. Setelah matang lantas membuat adonan buat mencampurkan singkong parut dan gula pasir, garam kemudian di aduk-aduk hingga rata. Adonan yang tadi dibagi dua warna satu warna merah dan satu lagi warna ijo.
  2. Kemudian anda ambil satu daun pisang atau selmbar daun pisang dan masukan kedua warna adonan singkong lantas itu pipihkan serta simpan pisang yang utuh dan sudah dipotong-potong lantas ttup kembali oleh adonan teruskan ampe abis adonannya.
  3. Adonan dibungkus rapih dan adonan yang sudah rapih jang lupa di kukus slama setengah jam atau sampe matang adonannya. Lantas angkat kalo udah matang dan siap untuk disajikan
  4. Simpan di sebuah wadah kue putri noong dan jangan sampee lupa taburi dengan bahan taburan yang sudah dibikin.
11 Nama Makanan Jajanan jadul disertai resep pembuatannya | jessy seftyani | 5

0 komentar:

Post a Comment